Judul : Kisah Darurat Dibalik Kartu Sehat Jakarta Ala Jokowi
link : Kisah Darurat Dibalik Kartu Sehat Jakarta Ala Jokowi
Kisah Darurat Dibalik Kartu Sehat Jakarta Ala Jokowi
loading...
Kartu Jakarta sehat Atau KJS menjadi Andalan Jokowi Dan Ahok Untuk Membantu Kesehatan warganya di Jakarta. Tampaknya Pasangan pemimpin ini tetep kekeh dalam pendirianya menjadikan warga ibukota semakin sehat dan bugar.
Dengan menggunakan KJS maka warga Jakarta Bisa lebih tenang Dalam berobat karena tidak harus memikirkan uang atau bayaran. mereka hanya cukup mengantri berjam jam dan semuanya Gratis. Ada Banyak Kisah Yang timbul dari KJS ini dari Yang sedih dan senang namun intinya warga jakarta senang dengan adanya Kartu Sehat ini .
Inilah beberapa kisah Yang berhasil dikumpulkan berkaitan dengan KJS ini . Noviana, warga Kalideres, adalah salah satu "yang beruntung". Saking takut kehabisan jatah berobat kalau kesiangan, dia pun berangkat dari rumah pukul tiga pagi. Novi sakit paru-paru dan dia mengandalkan Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk menyehatkan alat bernapasnya itu. KJS adalah salah satu program unggulan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang digadang-gadang bakal menjadi jalan keluar buat warga tidak mampu untuk berobat secara gratis.
Novi, 37 tahun, mengaku rutin datang ke RS Tarakan tiap 10 hari. Tidak masalah baginya mengantre sampai 12 jam, selama dia bisa berobat tanpa mengeluarkan uang. "Yang namanya gratis kita sabar aja. Yang penting saya dapat obat. Kalo nunggu kelamaan, ya tinggal tidur," kata dia, nrimo.
Prosedur berobat pemegang KJS memang berbeda dengan pasien umum. Kaum ini harus mendaftar lebih dulu di sebuah buku yang disiapkan oleh petugas keamanan rumah sakit.
Barulah kemudian mereka mendapat nomor urut dan menunggu dipanggil, niscaya berjam-jam kemudian.
Nasib pasien rawat inap KJS lebih mengenaskan lagi. Yang sakit parah sekalipun harus berhadapan dengan kenyataan bahwa kamar tidak selalu tersedia. Pemegang KJS mendapat fasilitas rawat inap gratis di kamar kelas III. Diceritakan Kokom (52), warga Cengkareng, hingga tiga hari adiknya yang sakit jantung tertahan di Instalasi Gawat Darurat karena tidak ada kamar kosong di ruang kelas III. Saat ditemui VIVAnews Rabu siang kemarin, Kokom bersama tiga anggota keluarganya sedang berbaring di atas tikar yang dia hamparkan di halaman rumah sakit.
Kokom terpaksa bermalam di situ karena adiknya, Maksum (31), belum mendapat bangsal.
Toh, Kokom masih bersyukur. Sebab, begitu tiba, adiknya langsung ditangani. Jadi, tidur di pelataran rumah sakit pun jadilah. "Namanya juga gratis, yang penting adik saya sudah ditangani," ujar Kokom, bersyukur.
Sejak KJS digulirkan, warga Jakarta yang sakit berbondong-bondong mendatangi rumah sakit. Akibatnya, jumlah pasien di Rumah Sakit Umum Daerah meningkat drastis.
Peningkatan signifikan salah satunya terjadi di Rumah Sakit Tarakan itu. Menurut petugas keamanan RS Tarakan, Didi Suryadi, beberapa bulan lalu warga yang berobat belum seramai sekarang. Tidak ada calon pasien yang antre sejak dini hari.
Kepala Bidang Pelayanan RS Tarakan, Theryoto, menyebut dalam sehari ada sekitar 1.000 sampai 1.200 pasien yang datang berobat membawa KJS. Dari total 350-420 pasien rawat inap per hari, 90 persen di antaranya menggunakan KJS. Lonjakan terjadi mulai November lalu saat KJS mulai dibagikan.
Fenomena ini kontras dengan program kesehatan sebelumnya, yaitu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Ketika itu, pasien yang datang berobat menggunakan kartu itu hanya sekitar 700-800 orang per hari. Apa sebab warga lebih memilih KJS dibanding Jamkesda?
"Karena KJS ini persyaratannya mudah," kata Theryoto.
Di RS Tarakan hampir semua kamar kelas III diperuntukkan bagi pasien KJS. Dari 460 tempat tidur, 404 dipakai KJS. Sedangkan sisanya untuk pasien berbayar. Sejak ada KJS, kamar tidak pernah kosong.
Program KJS menyasar 4,7 juta warga miskin, atau setara dengan 50 persen penduduk Jakarta. Kartu didistribusikan secara bertahap. Tahap pertama, November hingga Desember lalu, dikeluarkan 3.000 kartu. Kelurahan yang jadi prioritas adalah Tanah Tinggi, Bukit Duri, Manggarai, Pademangan Timur, Marunda, dan Tambora. Penentuan daerah prioritas didasarkan pada tingkat kepadatan penduduk dan apakah itu masuk kategori wilayah kumuh.
Untuk mendapatkan KJS, warga cukup membawa KTP dan Kartu Keluarga ke Puskesmas terdekat.
Utamanya, mereka harus masuk dalam kategori "pasien kelas III" alias tidak mampu secara ekonomi.
KJS dilengkapi sistem elektronik yang dapat menyimpan data kesehatan penggunanya--mulai dari riwayat penyakit hingga di mana saja telah menjalani perawatan. Dengan sistem ini, Dinas Kesehatan dapat melakukan pengawasan pelaksanaan KJS. Juga, mempermudah proses perujukan pasien ke rumah sakit karena sistemnya terintegrasi dengan database 88 rumah sakit penerima KJS.
***
Kehadiran KJS memang disambut baik oleh warga Jakarta. Sayangnya, ini tidak diimbangi dengan tersedianya fasilitas rumah sakit yang memadai. Program kesehatan murah andalan Jokowi-Ahok ini tak berjalan mulus. Fakta di lapangan menunjukkan tak sedikit warga yang kecewa karena ditolak dilayani sejumlah rumah sakit. Penyebabnya: jika tidak kamar penuh, fasilitasnya yang kurang.
Lebih menyedihkan, KJS juga melahirkan banyak kisah tragis keluarga yang menyaksikan orang yang mereka kasihi meninggal setelah "mengemis" layanan rumah sakit.
Kasus terakhir menimpa Ana Mudrika (14) yang terlunta-lunta setelah ditolak empat rumah sakit. Ana diduga keracunan makanan dan telat ditangani secara medis. Akhirnya dia meninggal, Sabtu 9 Maret 2013.
Sebelumnya, bayi Dera Nur Anggraini juga meninggal akibat tidak tertampung di rumah sakit. Orok merah ini meninggal hanya enam hari setelah dilahirkan. Dia lahir bersama kembarannya melalui operasi caesar di RS Zahira, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 10 Februari 2013 lalu.
Sejak dilahirkan, kondisinya terus melemah. Karena keterbatasan alat untuk menangani Dera, RS Zahira mencoba merujuk ke rumah sakit lain. Dera harus dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Dalam perjuangannya mencari rumah sakit rujukan, ayah Dera, Eliyas Setya Nugroho, ditolak oleh hampir 10 rumah sakit.
Dokter mengeluh
Tidak hanya oleh pasien, KJS juga dikeluhkan para dokter. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengaku kewalahan dengan lonjakan pasien di rumah sakit dan Puskesmas setelah kartu ini diberlakukan. Mereka khawatir pelayanan medis terhadap pasien menjadi tidak maksimal.
Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Zainal Abidin, mengatakan idealnya satu dokter memberikan pelayanan kesehatan selama 15 menit untuk seorang pasien. Namun setelah KJS diterapkan, seorang dokter hanya bisa memeriksa pasiennya selama lima menit saja. Padahal, dalam memberikan pelayanan kesehatan dokter tidak bisa seperti penjual karcis. Selesai tulis nama, selesailah layanannya.
Namun, Gubernur DKI Jakarta Jokowi Widodo melihatnya dari sudut yang optimistis. Dia menilai membludaknya pasien ke rumah sakit menandakan antusiasme warga untuk berobat.
Jokowi mengakui dengan KJS permintaan berobat ke RSUD dan Puskemas naik dua kali lipat.
Baginya, itu sebuah konsekuensi logis saja.
"Kalau begitu tidak usah ada KJS, biar sakit semuanya di rumah. Mau seperti itu?" Jokowi balik mempertanyakan.
Dia meyakini pasien membludak karena program ini baru di tahap awal. Jumlah pasien KJS nanti akan menurun seiring membaiknya kesehatan masyarakat. Selain itu, menurut Jokowi banyak warga yang ngotot ingin dirujuk ke rumah sakit karena masih enggan berobat di Puskesmas.
Yang jadi masalah, carut-marut KJS tak lepas dari ulah orang-orang tak bertanggung jawab di lapangan, khususnya di tingkat Puskesmas. Mereka begitu saja merujuk pasien ke rumah sakit tanpa ditangani terlebih dahulu. Bahkan, ada yang sakit ringan saja langsung dirujuk ke rumah sakit.
Dievaluasi
Program unggulannya dikritik pedas di mana-mana, Jokowi segera merespons. Dalam waktu dekat dia menyatakan akan melakukan uji publik sistem KJS. Dia akan mengumpulkan berbagai pihak untuk dimintai masukan. Warga yang pernah menggunakan KJS akan diikutsertakan dalam evaluasi itu.
Dia juga berencana memotong fasilitas kamar kelas II di RSUD rujukan KJS, menjadi kelas III. Cara tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah kamar yang tersedia bagi pasien KJS. "Kelas II sudah dipotong 75 persen jadi kelas tiga," kata mantan Walikota Solo ini.
Selain itu, layanan call center 119 juga akan terus diperluas supaya warga dapat mengecek langsung ketersediaan kamar di rumah dan informasi lainnya yang dibutuhkan.
Saat ini, layanan 119 baru terhubung dengan sembilan rumah sakit, yaitu RS Cipto Mangunkusumo, RS Jantung Harapan Kita, RS Anak Bunda Harapan, RSUP Fatmawati, RSUP Persahabatan, RSUD Tarakan, RSUD Cengkareng, RSUD Koja, dan RSPAD Gatot Subroto.
Rumah sakit yang 'bengal' pun diancam. Jokowi menggertak tidak akan memberikan segala bentuk izin, termasuk IMB dan izin perluasan bangunan, bagi rumah sakit yang kedapatan menolak pasien KJS. "Kami pemerintah punya power yang dapat digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.
Selain minimnya fasilitas medis, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama melihat kendala lain yang menghadang KJS adalah faktor sumber daya manusia.
Tenaga medis masih kurang jumlahnya. Karena itu, ke depan pemerintah Jakarta berencana menambah tenaga kesehatan. Gaji mereka pun akan dinaikkan.
Ahok pun mewanti-wanti rumah sakit untuk tidak lagi menolak pasien KJS. Menyangkut biaya perawatan, dia menjamin akan membayarnya. Dia menyatakan anggaran kesehatan untuk mendukung program KSJ di tahun 2013 sudah dinaikkan menjadi Rp1,2 triliun, dari sebelumnya yang cuma Rp800 miliar. Meski luas dikritik, dia menyatakan Pemprov DKI teguh akan terus mengembangkan program ini
Semoga KJS ini bisa menjadi solusi Pemimpin Ibukota untuk menjadikan warganya bahagia aman dan sejahtera
Dengan menggunakan KJS maka warga Jakarta Bisa lebih tenang Dalam berobat karena tidak harus memikirkan uang atau bayaran. mereka hanya cukup mengantri berjam jam dan semuanya Gratis. Ada Banyak Kisah Yang timbul dari KJS ini dari Yang sedih dan senang namun intinya warga jakarta senang dengan adanya Kartu Sehat ini .
Inilah beberapa kisah Yang berhasil dikumpulkan berkaitan dengan KJS ini . Noviana, warga Kalideres, adalah salah satu "yang beruntung". Saking takut kehabisan jatah berobat kalau kesiangan, dia pun berangkat dari rumah pukul tiga pagi. Novi sakit paru-paru dan dia mengandalkan Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk menyehatkan alat bernapasnya itu. KJS adalah salah satu program unggulan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang digadang-gadang bakal menjadi jalan keluar buat warga tidak mampu untuk berobat secara gratis.
Novi, 37 tahun, mengaku rutin datang ke RS Tarakan tiap 10 hari. Tidak masalah baginya mengantre sampai 12 jam, selama dia bisa berobat tanpa mengeluarkan uang. "Yang namanya gratis kita sabar aja. Yang penting saya dapat obat. Kalo nunggu kelamaan, ya tinggal tidur," kata dia, nrimo.
Prosedur berobat pemegang KJS memang berbeda dengan pasien umum. Kaum ini harus mendaftar lebih dulu di sebuah buku yang disiapkan oleh petugas keamanan rumah sakit.
Barulah kemudian mereka mendapat nomor urut dan menunggu dipanggil, niscaya berjam-jam kemudian.
Nasib pasien rawat inap KJS lebih mengenaskan lagi. Yang sakit parah sekalipun harus berhadapan dengan kenyataan bahwa kamar tidak selalu tersedia. Pemegang KJS mendapat fasilitas rawat inap gratis di kamar kelas III. Diceritakan Kokom (52), warga Cengkareng, hingga tiga hari adiknya yang sakit jantung tertahan di Instalasi Gawat Darurat karena tidak ada kamar kosong di ruang kelas III. Saat ditemui VIVAnews Rabu siang kemarin, Kokom bersama tiga anggota keluarganya sedang berbaring di atas tikar yang dia hamparkan di halaman rumah sakit.
Kokom terpaksa bermalam di situ karena adiknya, Maksum (31), belum mendapat bangsal.
Toh, Kokom masih bersyukur. Sebab, begitu tiba, adiknya langsung ditangani. Jadi, tidur di pelataran rumah sakit pun jadilah. "Namanya juga gratis, yang penting adik saya sudah ditangani," ujar Kokom, bersyukur.
Sejak KJS digulirkan, warga Jakarta yang sakit berbondong-bondong mendatangi rumah sakit. Akibatnya, jumlah pasien di Rumah Sakit Umum Daerah meningkat drastis.
Peningkatan signifikan salah satunya terjadi di Rumah Sakit Tarakan itu. Menurut petugas keamanan RS Tarakan, Didi Suryadi, beberapa bulan lalu warga yang berobat belum seramai sekarang. Tidak ada calon pasien yang antre sejak dini hari.
Kepala Bidang Pelayanan RS Tarakan, Theryoto, menyebut dalam sehari ada sekitar 1.000 sampai 1.200 pasien yang datang berobat membawa KJS. Dari total 350-420 pasien rawat inap per hari, 90 persen di antaranya menggunakan KJS. Lonjakan terjadi mulai November lalu saat KJS mulai dibagikan.
Fenomena ini kontras dengan program kesehatan sebelumnya, yaitu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Ketika itu, pasien yang datang berobat menggunakan kartu itu hanya sekitar 700-800 orang per hari. Apa sebab warga lebih memilih KJS dibanding Jamkesda?
"Karena KJS ini persyaratannya mudah," kata Theryoto.
Di RS Tarakan hampir semua kamar kelas III diperuntukkan bagi pasien KJS. Dari 460 tempat tidur, 404 dipakai KJS. Sedangkan sisanya untuk pasien berbayar. Sejak ada KJS, kamar tidak pernah kosong.
Program KJS menyasar 4,7 juta warga miskin, atau setara dengan 50 persen penduduk Jakarta. Kartu didistribusikan secara bertahap. Tahap pertama, November hingga Desember lalu, dikeluarkan 3.000 kartu. Kelurahan yang jadi prioritas adalah Tanah Tinggi, Bukit Duri, Manggarai, Pademangan Timur, Marunda, dan Tambora. Penentuan daerah prioritas didasarkan pada tingkat kepadatan penduduk dan apakah itu masuk kategori wilayah kumuh.
Untuk mendapatkan KJS, warga cukup membawa KTP dan Kartu Keluarga ke Puskesmas terdekat.
Utamanya, mereka harus masuk dalam kategori "pasien kelas III" alias tidak mampu secara ekonomi.
KJS dilengkapi sistem elektronik yang dapat menyimpan data kesehatan penggunanya--mulai dari riwayat penyakit hingga di mana saja telah menjalani perawatan. Dengan sistem ini, Dinas Kesehatan dapat melakukan pengawasan pelaksanaan KJS. Juga, mempermudah proses perujukan pasien ke rumah sakit karena sistemnya terintegrasi dengan database 88 rumah sakit penerima KJS.
***
Kehadiran KJS memang disambut baik oleh warga Jakarta. Sayangnya, ini tidak diimbangi dengan tersedianya fasilitas rumah sakit yang memadai. Program kesehatan murah andalan Jokowi-Ahok ini tak berjalan mulus. Fakta di lapangan menunjukkan tak sedikit warga yang kecewa karena ditolak dilayani sejumlah rumah sakit. Penyebabnya: jika tidak kamar penuh, fasilitasnya yang kurang.
Lebih menyedihkan, KJS juga melahirkan banyak kisah tragis keluarga yang menyaksikan orang yang mereka kasihi meninggal setelah "mengemis" layanan rumah sakit.
Kasus terakhir menimpa Ana Mudrika (14) yang terlunta-lunta setelah ditolak empat rumah sakit. Ana diduga keracunan makanan dan telat ditangani secara medis. Akhirnya dia meninggal, Sabtu 9 Maret 2013.
Sebelumnya, bayi Dera Nur Anggraini juga meninggal akibat tidak tertampung di rumah sakit. Orok merah ini meninggal hanya enam hari setelah dilahirkan. Dia lahir bersama kembarannya melalui operasi caesar di RS Zahira, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 10 Februari 2013 lalu.
Sejak dilahirkan, kondisinya terus melemah. Karena keterbatasan alat untuk menangani Dera, RS Zahira mencoba merujuk ke rumah sakit lain. Dera harus dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Dalam perjuangannya mencari rumah sakit rujukan, ayah Dera, Eliyas Setya Nugroho, ditolak oleh hampir 10 rumah sakit.
Dokter mengeluh
Tidak hanya oleh pasien, KJS juga dikeluhkan para dokter. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengaku kewalahan dengan lonjakan pasien di rumah sakit dan Puskesmas setelah kartu ini diberlakukan. Mereka khawatir pelayanan medis terhadap pasien menjadi tidak maksimal.
Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Zainal Abidin, mengatakan idealnya satu dokter memberikan pelayanan kesehatan selama 15 menit untuk seorang pasien. Namun setelah KJS diterapkan, seorang dokter hanya bisa memeriksa pasiennya selama lima menit saja. Padahal, dalam memberikan pelayanan kesehatan dokter tidak bisa seperti penjual karcis. Selesai tulis nama, selesailah layanannya.
Namun, Gubernur DKI Jakarta Jokowi Widodo melihatnya dari sudut yang optimistis. Dia menilai membludaknya pasien ke rumah sakit menandakan antusiasme warga untuk berobat.
Jokowi mengakui dengan KJS permintaan berobat ke RSUD dan Puskemas naik dua kali lipat.
Baginya, itu sebuah konsekuensi logis saja.
"Kalau begitu tidak usah ada KJS, biar sakit semuanya di rumah. Mau seperti itu?" Jokowi balik mempertanyakan.
Dia meyakini pasien membludak karena program ini baru di tahap awal. Jumlah pasien KJS nanti akan menurun seiring membaiknya kesehatan masyarakat. Selain itu, menurut Jokowi banyak warga yang ngotot ingin dirujuk ke rumah sakit karena masih enggan berobat di Puskesmas.
Yang jadi masalah, carut-marut KJS tak lepas dari ulah orang-orang tak bertanggung jawab di lapangan, khususnya di tingkat Puskesmas. Mereka begitu saja merujuk pasien ke rumah sakit tanpa ditangani terlebih dahulu. Bahkan, ada yang sakit ringan saja langsung dirujuk ke rumah sakit.
Dievaluasi
Program unggulannya dikritik pedas di mana-mana, Jokowi segera merespons. Dalam waktu dekat dia menyatakan akan melakukan uji publik sistem KJS. Dia akan mengumpulkan berbagai pihak untuk dimintai masukan. Warga yang pernah menggunakan KJS akan diikutsertakan dalam evaluasi itu.
Dia juga berencana memotong fasilitas kamar kelas II di RSUD rujukan KJS, menjadi kelas III. Cara tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah kamar yang tersedia bagi pasien KJS. "Kelas II sudah dipotong 75 persen jadi kelas tiga," kata mantan Walikota Solo ini.
Selain itu, layanan call center 119 juga akan terus diperluas supaya warga dapat mengecek langsung ketersediaan kamar di rumah dan informasi lainnya yang dibutuhkan.
Saat ini, layanan 119 baru terhubung dengan sembilan rumah sakit, yaitu RS Cipto Mangunkusumo, RS Jantung Harapan Kita, RS Anak Bunda Harapan, RSUP Fatmawati, RSUP Persahabatan, RSUD Tarakan, RSUD Cengkareng, RSUD Koja, dan RSPAD Gatot Subroto.
Rumah sakit yang 'bengal' pun diancam. Jokowi menggertak tidak akan memberikan segala bentuk izin, termasuk IMB dan izin perluasan bangunan, bagi rumah sakit yang kedapatan menolak pasien KJS. "Kami pemerintah punya power yang dapat digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.
Selain minimnya fasilitas medis, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama melihat kendala lain yang menghadang KJS adalah faktor sumber daya manusia.
Tenaga medis masih kurang jumlahnya. Karena itu, ke depan pemerintah Jakarta berencana menambah tenaga kesehatan. Gaji mereka pun akan dinaikkan.
Ahok pun mewanti-wanti rumah sakit untuk tidak lagi menolak pasien KJS. Menyangkut biaya perawatan, dia menjamin akan membayarnya. Dia menyatakan anggaran kesehatan untuk mendukung program KSJ di tahun 2013 sudah dinaikkan menjadi Rp1,2 triliun, dari sebelumnya yang cuma Rp800 miliar. Meski luas dikritik, dia menyatakan Pemprov DKI teguh akan terus mengembangkan program ini
Semoga KJS ini bisa menjadi solusi Pemimpin Ibukota untuk menjadikan warganya bahagia aman dan sejahtera
Begitu deh artikelnya Kisah Darurat Dibalik Kartu Sehat Jakarta Ala Jokowi
sudah kamu baca sampai selesai. Kisah Darurat Dibalik Kartu Sehat Jakarta Ala JokowiNah kali ini, moga aja bisa ngasih manfaat untuk kalian semua ya. so, sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.
Kamu sekarang membaca artikel Kisah Darurat Dibalik Kartu Sehat Jakarta Ala Jokowi dengan alamat link https://goesviralblog.blogspot.com/2013/03/kisah-darurat-dibalik-kartu-sehat.html
loading...
0 Response to "Kisah Darurat Dibalik Kartu Sehat Jakarta Ala Jokowi"
Post a Comment