Bahan Haram Dalam Obat | Viral Blog | Berita Viral
loading...

Bahan Haram Dalam Obat

Bahan Haram Dalam Obat - Hallo PemirsaViral Blog | Berita Viral, Pada Artikel yang kalian baca kali ini dengan judul Bahan Haram Dalam Obat, kita sudah siapkan artikel ini dan itu dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya ya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Unik dan Aneh, yang kita tulis ini dapat kalian mengerti ya,selamat membaca.

Judul : Bahan Haram Dalam Obat
link : Bahan Haram Dalam Obat

Baca juga


Bahan Haram Dalam Obat

loading...
Bahan Haram Dalam Obat
AkuIslam.Id - Obat adalah produk farmasi yang terdiri dari bahan aktif dan bahan farmaseutik (bahan pembantu eksipien). Jadi dalam satu obat bisa terbuat dari 2 sampai 3 bahan. Perkembangan teknologi proses pembuatan obat kini semakin maju dan membuat kita sebagai konsumen tidak menyadari akan kandungan bahan obat yang ada di pasaran.

Obat - Obatan ( Foto @U-Report )

Sumber bahan aktif obat dan bahan farmaseutik bermacam - macam. Bisa berasal dari tumbuhan, hewan, mikroba, bahan sintetik kimia, bahkan dari virus yang dilemahkan atau bahan yang berasal dari manusia.

Baik bahan aktif maupun bahan farmeseutik memiliki titik kritis kehalalan. Hal ini dimungkinkan oleh adanya perkembangan teknologi proses pembuatan dan produksi obat yang semakin maju. Selain itu adanya, juga kecenderungan khasiat yang diklaim sang produsen, obat hanya akan efektif jika menggunakan bahan tertentu saja.

BAHAN AKTIF OBAT

Titik kritis bahan aktif obat bisa dimulai dari asal muasal bahan aktif tersebut. Contoh bahan aktif obat yang berasal dari hewan adalah protein, asam amino, vitamin, mineral, enzim, asam lemak dan turunannya, khondroitin, darah, serum, plasma, hormon hingga karbon aktif. Jika berasal dari hewan, maka hewannya harus hewan halal, bukan hewan haram.

Sebab bisa saja sebagian bahan seperti protein, karbon aktif, khondroitin, asam lemak dan mineral berasal dari babi, seperti tulang, kulit, lemak hingga jeroannya. Jika berasal dari hewan halal, maka proses penyembelihannya pun harus sesuai dengan syariat Islam. Bagaimana dengan bahan aktif yang berasal dari mikroba.

Bahan aktif obat yang berasal dari mikroba tidak sepenuhnya bisa dimanfaatkan langsung oleh produsen. Untuk mendapatkan bahan aktif dari mikroba tersebut diperlukan tahapan proses fermentasi. Pada proses tersebut diperlukan bahan - bahan media.

Contohnya adalah pada pembuatan vaksin. media pembiakan inilah yang mesti dikritisi sebab sering menggunakan bahan media yang berasal dari protein hewan, bisa dari babi maupun hewan lainnya. Belum lagi penggunaan bahan pasca fermentasi seperti karbon aktif, yang diketahui bisa berasal dari tulang hewan.

PLACENTA MANUSIA

Bahan aktif lain yang marak digunakan dalam industri obat-obatan adalah bahan aktif yang berasal dari manusia. Seperti keratin rambut manusia untuk pembentukan sistein maupun placenta manusia untuk obat - obatan, seperti obat luka bakar dan yang lainnya. Beberapa metode kedokteran bahkan menggunakan ari-ari atau placenta ini untuk obat leukemia, kanker, kelainan darah, stroke, liver hingga diabetes dan jantung.

Placenta itu adalah ari-ari, yang sangat berguna pada bayi saat berada di dalam rahim ibu. Pasalnya, melalui organ ini janin memperoleh zat makanan dan kebutuhan hidup yang lainnya. Lantas bagaimana dengan bahan aktif yang berasal dari tumbuhan dan sintetik kimia. 

Jangan senang dulu, bahan aktif ini bisa saja bersinggungan atau terkontaminiasi dengan bahan farmaseutik (penolong) yang mesti dipertanyakan juga asal-usulnya. Contohnya penggunaan alkohol untuk mengisolasi bahan aktif dari tumbuhan tersebut seperti alkaloid, glikosida dan bahan lainnya.

Bahan yang berasal dari tumbuhan ini bisa juga melalui proses fermentasi yang menghasilkan alkohol, seperti sari mengkudu dan yang lainnya.

Sama halnya dengan bahan aktif yang berasal dari tumbuhan, bahan sintetik juga mesti diperhatikan bahan campurannya. Bisa saja bahan penolong dan campurannya bercampur atau terkontaminasi bahan yang tidak jelas kehalalannya.


from Aku Islam http://ift.tt/2pbo74i
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/


Begitu deh artikelnya Bahan Haram Dalam Obat

sudah kamu baca sampai selesai. Bahan Haram Dalam ObatNah kali ini, moga aja bisa ngasih manfaat untuk kalian semua ya. so, sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.

Kamu sekarang membaca artikel Bahan Haram Dalam Obat dengan alamat link https://goesviralblog.blogspot.com/2017/05/bahan-haram-dalam-obat.html
loading...

0 Response to "Bahan Haram Dalam Obat"

Post a Comment

loading...

Viral Terupdate