Cara Menentukan Qadha Puasa | Viral Blog | Berita Viral
loading...

Cara Menentukan Qadha Puasa

Cara Menentukan Qadha Puasa - Hallo PemirsaViral Blog | Berita Viral, Pada Artikel yang kalian baca kali ini dengan judul Cara Menentukan Qadha Puasa, kita sudah siapkan artikel ini dan itu dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya ya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Unik dan Aneh, yang kita tulis ini dapat kalian mengerti ya,selamat membaca.

Judul : Cara Menentukan Qadha Puasa
link : Cara Menentukan Qadha Puasa

Baca juga


Cara Menentukan Qadha Puasa

loading...
Cara Menentukan Qadha Puasa
AkuIslam.Id - Ramadan telah berlalu, pada umumnya para muslimah tidak dapat menjalankannya secara penuh karena alasan syar'i. Lalu, bagaimana cara menentukan jumlah qadha puasa tersebut, serta bagaimana cara mengqadhanya?

Ilustrasi

Okfin (28), muslimah asal Bandung ini, baru mendalami agama Islam. Sehingga, banyak kajian fikih yang belum dipahaminya. Salah satunya adalah cara menentukan qadha puasa serta cara mengqadhanya. Terutama di bulan Syawal. Apakah bersamaan dengan puasa sunah Syawal ataukah dipisah?

YANG TERTINGGAL

Puasa Ramadan, sudah diketahui sebagai puasa wajib. Sehingga ketika ditinggalkan, baik karena haid maupun perjalanan serta sakit, harus diganti di lain hati. Waktu qadha untuk puasa dapat dimulai di bulan Syawal. Yaitu, mulai tanggal 2 Syawal hingga bulan Syakban. Semua hari diperbolehkan untuk mengqadhanya, kecuali hari - hari yang diharamkan untuk berpuasa, seperti pada hari Tasyrik, 10 Zulhijah, serta 1 Syawal.

Untuk menentukan berapa puasa yang diqadha, yaitu dengan cara menghitung jumlah hari yang tertinggal puasa. Misalnya meninggalkan puasa karena haid, dimulai hari kesepuluh hingga hari ke tujuh belas. 

Maka, qadha puasa adalah delapan hari. Yang diqadha ini seluruh puasa yang tidak sempurna secara fikih. Misalnya sudah seharian berpuasa, namun karena haid datang 10 menit sebelum azan Maghrib dikumandangkan. Maka, puasa hari itu harus diqadha.

DAHULUKAN QADHA

Pada saat Syawal, memang disunahkan untuk berpuasa selama enam hari. Memang untuk puasa sunah Syawal ini masih multitafsir, terkait harus dilakukan enam hari berturut - turut atau tidak. Namun, kebanyakan ulama berpendapat bahwa mengqadha puasa lebih baik didahulukan, barulah kemudian disambung dengan puasa sunah Syawal.

Hal ini karena kita harus mendahulukan yang wajib, kemudian melakukan sunah. Karena qadha puasa hukumnya wajib, sedangkan untuk puasa Syawal hukumnya sunah. Namun, hal ini juga ada perbedaan pendapat.

Sebagian ulama menganjutkan untuk mendahulukan puasa sunah Syawal karena puasa sunah ini terbatas waktu. Sedangkan untuk qadha puasa waktunya lebih panjang. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat. Wallahu a'lam bisshowab.


from Aku Islam http://ift.tt/2pGBWES
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/


Begitu deh artikelnya Cara Menentukan Qadha Puasa

sudah kamu baca sampai selesai. Cara Menentukan Qadha PuasaNah kali ini, moga aja bisa ngasih manfaat untuk kalian semua ya. so, sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.

Kamu sekarang membaca artikel Cara Menentukan Qadha Puasa dengan alamat link https://goesviralblog.blogspot.com/2017/05/cara-menentukan-qadha-puasa.html
loading...

0 Response to "Cara Menentukan Qadha Puasa"

Post a Comment

loading...

Viral Terupdate