Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa | Viral Blog | Berita Viral
loading...

Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa

Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa - Hallo PemirsaViral Blog | Berita Viral, Pada Artikel yang kalian baca kali ini dengan judul Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa, kita sudah siapkan artikel ini dan itu dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya ya. mudah-mudahan isi postingan Artikel OPINI, yang kita tulis ini dapat kalian mengerti ya,selamat membaca.

Judul : Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa
link : Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa

Baca juga


Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa

loading...

Pada awal abad ke-19, bangsa Indonesia menghasilkan para cendekiawan yang menyelesaikan studi baik di dalam dan di luar negeri. Hasilnya, pergerakan para cendekiawan mulai tersusun dengan sistemik dan terstruktur. Hadirnya Indische Partij yang sebelumnya berasal dari organisasi Indische Bond pada tahun 1898 itu  digagas oleh Tiga Serangkai (Danudirdja Setiabudhi, Cipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantara). Indische Partij mewarnai semangat perubahan dan perlawanan rakyat Indonesia terhadap para penjajah dengan membawa semangat nasionalisme modern. Sebelumnya, Boedi Oetomo dinobatkan sebagai organisasi nasional pertama di Indonesia yang terbentuk pada tahun 1908, meskipun hanya beranggotakan kaum terpelajar dan kaum priyayi.



Pasca terbentuknya organisasi-organisasi tersebut, para pemuda daerah berhimpun dan membentuk organisasi kedaerahan sebagai bentuk identitas kekuatan politik baru yang menggaet isu perlawanan terhadap kedigdayaan kolonialisme di daerah masing-masing. Beberapa organisasi kedaerahan pemuda antara lain yaitu Jong Java, Jong Soematra, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten, Jong Batak Bond, dll. Organisasi tersebut kemudian mengadakan kongres pemuda dalam rangka membahas arah gerak dan rencana untuk membawa perubahan terhadap bangsa Indonesia.


Puncaknya, pada tanggal 28 Oktober 1928 lahirlah sebuah manifesto gerakan pemuda yang disebut sebagai Sumpah Pemuda. Isi teks Sumpah Pemuda ialah sebuah ikrar pemersatu gerakan seluruh anak bangsa dan menjunjung tinggi identitas persatuan, yaitu sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Pasca kongres tersebut, seluruh daerah di Indonesia menggaungkan narasi baru, narasi kebangsaan Indonesia.


Maka benarlah adagium tentang pemuda adalah investasi terbesar suatu bangsa. Semakin tinggi potensi para pemuda, maka semakin tinggi pula potensi kemajuan suatu bangsa. Tak heran jika bonus demografi dimana kuantitas usia pemuda lebih tinggi dibanding usia balita dan lansia itu merupakan tolak ukur kemampuan suatu bangsa untuk berkembang dan mengalami kemajuan. Manifesto pemudalah yang akhirnya merubah cara pandang bangsa Indonesia pada saat itu kala menghadapi penjajahan. Bahwa seluruh bangsa Indonesia perlu menghimpun kekuatan demi melawan penindasan dan kesewenangan yang dilakukan oleh penjajah untuk mengeruk kekayaan negeri ini.


Kini, manifesto yang disebut sebagai Sumpah Pemuda merupakan cacatan sejarah yang memiliki nilai juang yang harus terus diwariskan kepada generasi selanjutnya. Pemuda masa kini memiliki potensi dan kesempatan untuk bisa lebih berkontribusi bagi nusa bangsa dengan keunggulan masing-masing.


Oleh Ahmad Ghiffari Zain, S.H.


ig : @ahmadghiffari

fb : Ahmad Ghiffari Zain



Begitu deh artikelnya Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa

sudah kamu baca sampai selesai. Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi BangsaNah kali ini, moga aja bisa ngasih manfaat untuk kalian semua ya. so, sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.

Kamu sekarang membaca artikel Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa dengan alamat link https://goesviralblog.blogspot.com/2020/10/manifesto-pemuda-sebuah-gerakan-nyata.html
loading...

0 Response to "Manifesto Pemuda, Sebuah Gerakan Nyata Bagi Bangsa"

Post a Comment

loading...

Viral Terupdate