Geser Arah Kiblat Pakai Surban! | Viral Blog | Berita Viral
loading...

Geser Arah Kiblat Pakai Surban!

Geser Arah Kiblat Pakai Surban! - Hallo PemirsaViral Blog | Berita Viral, Pada Artikel yang kalian baca kali ini dengan judul Geser Arah Kiblat Pakai Surban!, kita sudah siapkan artikel ini dan itu dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya ya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Unik dan Aneh, yang kita tulis ini dapat kalian mengerti ya,selamat membaca.

Judul : Geser Arah Kiblat Pakai Surban!
link : Geser Arah Kiblat Pakai Surban!

Baca juga


Geser Arah Kiblat Pakai Surban!

loading...
Geser Arah Kiblat Pakai Surban!
AkuIslam.Id - Syekh Arsyad Al Banjary bukan ulama sembarangan. Puluhan tahun ia mengaji di Tanah Suci. Beragam disiplin ilmu agama ia kuasai. Terbukti, karya - karyanya mulai ilmu fikih, tauhid hingga waris telah di lahirkan. Bahkan ia pun punya karomah menggeser arah kiblat masjid dengan memakai surban.

Syekh Arsyad Al-Banjary, Kalimantan Selatan ( Foto @GusNuril.com )

Kemasyuran para ulama Indonesia terdahulu tidak diragukan lagi. Tak hanya Syekh Nawawi Al Bantani dari Tanara, Serang, Banten. Di Kalimantan Selatan pun ada ulama tersohor, yakni Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau dikenal dengan sebutan Datu Kalampayan.

Ulama yang tersohor di Abad ke-18 M itu lahir pada 15 syafar 1122 H/ Maret 1710 M di kampung Lok Gabang Martapura, Kalimantan Selatan. ia adalah putra dari pasangan Abdullah bin Abddurrahman dan Siti Aminah. Dari silsilahnya mempunyai nama lengkap Syekh Muhammad ARsyad bin Abdullah bin Abdurrahman Al Banjari. Sang ayah juga dikenal sebagai pribadi yang zuhud dan alim.

Maka tidak mengherankan jika sejak kecil, Muhammad Arsyad tumbuh dan besar dalam suasana ke-Islaman yang kental di bawah pemerintahan kerajaan Islam Banjar. Terbukti, sejak berusia 7 tahun, Muhammad Arsyad kecil sudah fasih dan sempurna dalam membaca Alquran.

Tak hanya itu, ia punya bakat melukis yang akhirnya menarik perhatian Sultan Banjar kala itu, yakni Sultan Tahlilullah. Muhammad Arsyad kecil pun di boyong ke istana. Di sana, ia hidup dalam lingkungan bangsawan, namun tetap memperdalam ilmu Agama.

MENGAJI KE TANAH SUCI

Waktu terus berlalu, Muhammad Arsyad yang sudah semakin dewasa dan berilmu pun berkeluarga. Di usia yang ke-30 tahun, ia diberangkatkan ke tanah suci Makkah untuk mengaji, yakni memperdalam ilmu Agama.

Di Tanah Suci dia belajar kepada beberapa ulama terkenal dan wali pada jamannya. Tak tanggung - tanggung, lebih dari 30 tahun Syekh Muhammad Arsyad belajar di Tanah Suci. Berbagai bidang ilmu agama sudah dikuasai. Rasa hausnya akan ilmu sempat membuatnya untuk berkelana dan ngaji di Mesir. Namun atas nasihat dan perintah gurunya, ia dan beberapa kawan sejawatnya kala itu akhirnya pulang ke Indonesia.

Syekh Muhammad Arsyad pun kembali ke Jakarta. Selama di Jakarta, berkat karomah yang dia miliki, dia dapat membetulkan arah kiblat masjid yang kurang tepat. Di antaranya masjid Jembatan Lima, Masjid Luar Batang dan Masjid Pekojan.

Caranya, membetulkan arah kiblat pun cukup aneh, Setelah shalat Sunah, ia hanya menggeserkan surbannya. Aneh bin ajaib, bangunan masjid tersebut mengiringi geseran sorban.

Itulah salah satu karomah Syekh Arsyad. Selanjutnya, ia pulang ke Martapura. Sebagai ulama tersohor, karya - kara Syekh Aryad pun cukup banyak. Mulai dari kitab fikih, tauhid hingga waris. Beberapa karyanya antara lain, kitab Sabilal Muhtadin (kitab fikih), Risalah Ushuluddin (kitab tauhid), Kanzul Ma'rifah (tasawuf), Kitab Faraid (kitab pembagian waris), Kitab Ilmu Falak (astronomi), dan lainnya.


from Aku Islam http://ift.tt/2qq0oNz
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/


Begitu deh artikelnya Geser Arah Kiblat Pakai Surban!

sudah kamu baca sampai selesai. Geser Arah Kiblat Pakai Surban!Nah kali ini, moga aja bisa ngasih manfaat untuk kalian semua ya. so, sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.

Kamu sekarang membaca artikel Geser Arah Kiblat Pakai Surban! dengan alamat link https://goesviralblog.blogspot.com/2017/05/geser-arah-kiblat-pakai-surban.html
loading...

0 Response to "Geser Arah Kiblat Pakai Surban!"

Post a Comment

loading...

Viral Terupdate